HASIL PENELITIAN

KAJIAN MANAJEMEN PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA PEMATANGSIANTAR

Sampah secara umum didefenisikan sebagai sisa kegiatan manusia sehari hari dan/ atau proses alam yang berbentuk padat maupun cairan. Sampah merupakan tempat kehidupan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit dan juga sebagai media pemindah dan penyebar penyakit (vektor).  Karenanya, sampah harus dikelola dengan baik agar tidak mengganggu atau mengancam kesehatan lingkungan dan masyarakat.  Pengelolaan sampah seharusnya meliputi pengumpulan, pengangkutan sampai dengan pemusnahan atau pengolahan sampah sedemikian rupa sehingga sampah tidak lagi mengganggu kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup. Pengelolaan sampah di Kota Pematangsiantar juga masih bertumpu pada pendekatan akhir (end-of-pipe ), dimana sampah dikumpulkan, diangkut dan dibuang ke tempat pemrosesan akhir sampah (TPA). 

Download

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATE

Penelitian ini tentang perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada materi sistem indra pada manusia. Dilaksanakan di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 55 Kandangan Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mempelajari sistem indra pada manusia dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran group investigation. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2015. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 40 orang, dibagi menjadi dua kelas eksperimen 20 orang dan satu kelas kontrol 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata skor, Standar Deviasi dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α = 0.05. Nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperimen adalah 3.70 dan 8.05 dan selisih hasil belajar sebesar 4.35. Nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok kontrol adalah 2.95 dan 4.20 dengan selisih hasil belajar 1.25. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan ditemukan bahwa, thitung (6.376)>ttabel (2.02). Dengan demikian, Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam mempelajari sistem indra pada manusia dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran group investigation pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kandangan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Download

Analisa Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung (Zea mays) di Dalam Tegakan Eucalyptus (Eucalyptus s

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertumbuhan dan Hasil Produksi Tanaman Jagung (Zea mays) di Dalam Tegakan Eucalyptus (Eucalyptus sp). Metode yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) Non Faktorial dengan 5 perlakuan masing-masing A0 = Tanaman jagung dengan eucalyptus umur 3 Tahun, A1 = Tanaman jagung dengan eucalyptus umur 2 Tahun, A2 = Tanaman jagung dengan eucalyptus umur 1 Tahun, M3 = Tanaman jagung dengan eucalyptus umur 0 Tahun, A4 =Tanaman jagung tanpa tegakan eucalyptus.

Download

Hubungi Kami

info@lpm.usi.ac.id

Jl. Sisingamangaraja Barat - Pematangsiantar

Telp. 0622-24670 Fax. 622-430071